Smart Strap, Teknologi MIPS ala Suomy

Posted by Mikael Amadis on

Hai Spinner, kalo waktu itu kita pernah ngebahas mengenai MIPS, hari ini kita akan ngebahas teknologi yang serupa dari Suomy yaitu Smart Strap. Layaknya MIPS, teknologi ini dirancang untuk memfasilitasi gerakan rotasional ketika terjadi kecelakaan agar mengurangi resiko gegar otak.

Bahaya benturan dengan gerakan rotasional sudah lama diketahui di kalangan dokter specialis otak, tapi baru mulai diketahui di kalangan umum sejak ada teknologi MIPS. Gerakan rotasional berbahaya untuk otak karena gerakan rotasional menyebabkan otak terbentur berkali-kali di dalam tempurung kepala, meningkatkan resiko gegar otak. Untuk mencegah itu, helm harus bisa bergerak secara independen dari kepala.

Menyadari itu, Suomy melakukan riset di lab mereka bersama dengan dokter spesial trauma kepala selama 1 tahun untuk mengembangkan teknologi bernama Smart Strap. Tim riset tersebut menemukan bahwa helm normal bisa bergerak secara independen dari kepala, tapi berhenti ketika strap helm menghentikan gerakan helm. Untuk itu, Suomy merancang 4 elemen elastis di chinstrap yang dapat memanjang ketika terjadi benturan untuk mencegah strap menghentikan helm bergerak secara independen dan mengubah gerakan rotasional menjadi gerakan linear seperti yang dapat dilihat di bawah ini.

suomy-smart-strap-how-it-workssuomy-smart-strap-mechanism

Seperti yang terlihat di atas, elemen elastis yang dipasang dapat berubah bentuk tanpa melewati batas standar internasional dalam roll-off test (pengujian performa strap untuk mencegah helm bergerak terlalu jauh ketika terjadi benturan dan tidak melindungi bagian penting kepala). Keempat elemen elastis itu bekerja sama untuk menyerap energi dari benturan dan memfasilitasi pergerakan helm. Setelah itu, elemen elastis akan secara perlahan kembali ke bentuk semula.

Mungkin ada Spinners yang bertanya teknologi mana yang lebih baik? Jawabannya adalah tergantung kondisi kecelakaannya. Yang pasti kedua teknologi ini dirancang sebaik mungkin untuk mengurangi kerusakan otak ketika terjadi kecelakaan. Tapi tetap saja tidak ada sistem yang sempurna. Oleh karena itu tetap berhati-hati ketika bersepeda.

Jadi apakah Spinners tertarik untuk mencoba teknologi Suomy Smart Strap? Beberapa helm yang dilengkapi teknologi ini adalah Suomy dapat dilihat di koleksi Suomy Smart Strap kami atau di toko sepeda terdekat. Jangan lupa untuk jaga kesehatan dan berhati-hati ketika bersepeda. Apapun helmnya, jangan lupa untuk menggunakan helm ketika bersepeda. Stay safe and stay healthy.

← Older Post Newer Post →



Leave a comment